Sederet Jenis Batik Indonesia yang Sangat Indah

Sederet Jenis Batik Indonesia yang Sangat Indah

FeathersofgoldJenis batik Indonesia sangat beragam. Hal ini karena Indonesia punya banyak daerah yang menghasilkan batik. Dari setiap daerah penghasil batik ini, mereka punya ciri motifnya sendiri-sendiri.

Ciri unik inilah yang menjadikan batik di Indonesia sangat beragam dan kualitasnya juga bagus. Batik sendiri oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk kategori budaya lisan dan non-bendawi.

Jadi apa saja jenis batik yang kamu ketahui ? Nama dari jenis batik biasanya juga diambil dari daerah asalnya lo. Berikut selengkapnya tentang Jenis batik di Indonesia :

1. Batik Priyangan

Batik Priyangan adalah jenis batik Indonesia yang berasal dari Tasikmalaya. Batik ini memilili ciri khas yaitu coraknya yang tersusun rapi dan rapat serta berkelas. Sekilas motifnya memang tampak rumit, namun jika diamati adalah susunan yang sangat simetris.

Warnanya sendiri cerah namun tidak mencolok. Lebih menekankan kesan kalem. Warna ini melambangkan sebuah kesederhanaan dan keterbukaan serta pluralis.

2. Batik Garutan

Batik Garutan berasal dari daerah Garut. Ciri khasnya yaitu pada motif yang bertema alam. Simbol flora dan fauna disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan motif yang cantik.

Sesuai temanya, batik Garutan memiliki karakteristik warna yang mencolok. Namun beberapa juga ada yang didominasi warna krem dengan sedikit paduan warna cerah.

3. Batik Parang Kusumo

Parang Kusumo adalah salah satu batik yang berasal dari kota Solo. Ciri motifnya adalah berupa gulungan berpola sedikit rumit dalam kesatuan garis lurus situs slot deposit linkaja. Dapat dikatakan juga jika motifnya seperti deretan gulungan ombak.

Warnanya sendiri berupa hitam sebagai warna dasar dan putih sebagai warna motifnya. Dua warna yang sangat kontras ini menyatu dengan elegan.

4. Batik Sidomukti

Jenis Batik Indonesia berikutnya adalah Batik Sidomukti yang juga berasal dari kota Solo. Ciri khas motifnya adalah berbagai macam ornamen, seperti kupu-kupu, singgasana, dan juga gunungan. Sementara untuk pola motifnya juga sangat variatif.

Warna batik Sidomukti kenbanyakan adalah coklat dengan motif berwarna hitam. Batik yang merupakan jenis keraton ini dilukis menggunakan soga alam.

5. Batik Mega Mendung

Batik Mega mendung berasal dari Cirebon. Ciri motifnya adalah berupa gumpalan awan yang dilukis dengan halus. Motif mendung ini dilukis dengan permainan warna yang memberi kesan seolah mendung.

Warna dasarnya adalah merah dengan warna mendung biru tua

. Sementara garis penegas yang memisahkan warna dasar dan warna mega adalah warna putih.

6. Batik Tujuh Rupa

Batik Tujuh Rupa berasal dari daerah Pekalongan. Ciri motifnya adalah hewan dan tumbuhan yang dilukis dengan tatanan yang meriah dan ramai.

Warna dasarnya sendiri adalah hitam. Sementara untuk motifnya menggunakan banyak perpaduan warna namun tidak begitu mencolok. Kesannya sendiri adalah ramai namun tidak mencolok.

7. Batik Lasem

Batik Lasem berasal dari daerah Lembang. Ciri khas batik Lasem adalah warnanya yang didominasi dengan warna merah. Hal ini karena batik Lasem mendapatkan pengaruh dari kebudayaan luar, yaitu Tionghoa. Sementara motifnya adalah susunan lukisan dari flora dan fauna.

Batik Lasem sendiri merupakan simbol akulturasi dua kebudayaan, yaitu Tionghoa sebagai pendatang dengan masyarakat daerah Lembang. Daerah Lasem sendiri menurut sejarahnya adalah wilayah yang pertama kali meneriman kedatangan Tionghoa.

Demikian 7 jenis batik Indonesia dengan kekhasan motifnya masing-masing. Mana yang menurutmu paling indah ?

Pada dasarnya semua motif batik Indonesia sangat indah karena memiliki keunikan masing-masing. Selain yang telah desebutkan diatas, juga masih ada sederet jenis lagi yang semuanya tak kalah mempesona.


Comments are closed.